Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Bagi anda yang mempunyai asam lambung pastinya sangat tersiksa jika begitu banyak pantangan makanan dan minuman yang tidak boleh kalian konsumsi. Asam lambung adalah penyakit yang dapat mematikan dan biasa menyebabkan kematian mendadak. Maka dari itu sebaiknya anda jauhi beberapa makanan yang di pantang seperti berikut ini :

  • Makanan Yang Tinggi Lemak

Pantangan yang pertama adalah makanan yang mengandung tingginya lemak karena akan memperburuk hearburun. Semua makanan yang mengandung lemak jahat atau lemak baik tidak ada pengecualian dan harus anda kurangi konsumsinya seperti alpukat atau kacang-kacangan.

  • Makanan Yang Di Goreng

Banyak orang yang penyuka gorengan, apalagi kalau orang indonesia yang suka membeli jajanan gorengan di pinggir jalan. Ternyata makanan yang di goreng pantang untuk di konsumsi bagi penderita asam lambung. Segala jenis makanan yang di goreng apalagi yang menggunakan metode deep frying menyimpan banyak lemak di dalamnya. Bukan hanya tidak baik untuk penderita asam lambung tetap juga untuk siapa pun karena memang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

  • Makanan Asin

Pantangan yang ketiga ini adalah mengkonsumsi makanan yang asin. Salah satu penelitian menemukan bahwa orang yang menambah garam meja di dalam makanannya beresiko terkena refluks asam lebih tinggi hingga 70 % dari pada yang tidak menambahkannya. Salah satu penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan asin sebanyak 3x dalam seminggu beresiko untuk mengalami refluks asam 50% lebih tinggi daripada orang yang tidak pernah makan asin.

  • Bawang

Mengkonsumsi bawang mentah adalah pantangan bagi anda yang menderita asam lambung. Mau itu bawang merah, bawang bombay, bawang putih dapat membuat lemas sfingter esofagus yang ada di bawah. Selain itu mengkonsumsi bawang dapat menyebabkan bersendawa.

  • Makanan Pedas

Pantangan yang tidak boleh di konsumsi oleh penderita asam lambung adalah tidak boleh makan makanan yang pedas. Cabai mengandung senyawa yang biasa di sebut capsaicin yang dapat memperlambat pencernaan. Cabai dapat membuat makanan lebih bertahan lama di lambung, maka akan beresiko untuk heartburn. Makanan pedas juga membuat iritasi semakin buruk yang terjadi akibat asam lambung yang naik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *