Mengkonsumsi Junk Food Dapat Pengaruhi Kesuburan Wanita

Sebuah penelitian dilakukan dengan eksemplar 5598 wanita yang mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food sebanyak empat kali dalam sepekan dapat memperlambat kehamilan selama satu bulan.

Penelitian semacam ini juga pernah dilakukan oleh jurnal Human Reproduction dan sudah dipublikasi oleh Oxford Academic. Penelitan ini mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food secara terus menerus dapat menghambat kehamilan hingga 1 tahun lamanya.

Beberapa pakar kesehatan menganjurkan untuk melakukan diet yang tepat demi mempercepat masa kehamilan, sayangnya ada kendala melihat makanan apa saja yang sudah dikonsumsi sebelum masuk ke fase kehamilan.

Penelitian yang sama dilakukan kepada beberapa Wanita di Australia, Selandia Baru hingga di Inggris dan Irlandia dimana mereka ditanyai telah mengkonsumsi makanan apa saja sebelum masuk kedalam fase kehamilan. Para bidan juga diterjunkan langsung untuk melakukan penelitan pada saat umur kehamilan berkisar antara 14-16 minggu. Para bidan melakukan penelitan kepada mereka yang sering mengkonsumsi makanan cepat saji sepert burger, pizza, hingga makanan cepat saji lainnya yang tersedia di gerai penyedia makanan cepat saji.

Dari segelintir wanita yang diteliti, ditemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi buah kurang dari tiga buah perbulannya membutuhkan waktu setengah bulan lebih lama untuk dapat hamil ketimbang wanita yang rutin mengkonsumsi buah-buahan dan sayur sayuran segar setiap harinya.

Sedangkan untuk wanita yang kekurangan asupan memiliki resiko 12% lebih tinggi tidak dapat hamil. Lebih parahnya lagi, bagi mereka yang mengkonsumsi makanan cepat saji memiliki resiko tidak dapat hamil 16% lebih tinggi. Fakta yang cukup mengejutkan melihat junk food berperan besar dalam proses kehamilan wanita.

“Dengan melihat penelitian yang dilakukan banyak pihak dapat disimpulkan bahwa wanita yang mengkonsumsi buah dan makanan segar memiliki presentasi hamil yang jauh lebih tinggi daripada mereka yang tidak, terutama mereka yang sering mengkonsumsi makanan cepat saji. Dengan meminimalkan konsumsi makanan fast food kita bisa meningkatkan tingkat kesuburan wanita dan dapat mempercepat proses kehamilan,” tutup Prof Claire Roberts dari Adelaide University.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *