Ladies, Yuk Cari Tahu Fakta Durian Dan Ibu Hamil Ini!

Sebagai orang Indonesia, buah durian tentu sudah menjadi salah satu buah yang paling difavoritkan karena rasanya yang manis. Meski demikian, orang-orang luar negeri pada umumnya memang sangat anti dengan buah yang memiliki aroma menyengat satu ini.

Meski memiliki rasa yang manis dan membuat ketagihan bagi pecinta durian, nyatanya buah yang memiliki kulit luar berbentuk duri ini juga memiliki beberapa resiko bagi kesehatan yang terutama sangat tidak disarankan bagi ibu hamil karena bisa membahayakan sang janin. Berikut fakta durian dan ibu hamil yang wajib kamu ketahui.

Meningkatkan Gula Darah

Meski durian memiliki rasa manis dengan sedikit rasa pahit, ternyata buah ini memiliki kadar gula yang sangat tinggi sehingga dapat mempengaruhi bobot janin didalam rahim yang beresiko lahir terlalu besar dan berat. Sebagaimana yang di publikasikan oleh British Journal of Obestetrics and Gynaecology, para peneliti menyarankan para ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes dalam keluarga atau memiliki diabetes gestasional sebaiknya menghindari buah durian.

Obesitas

Selain memiliki kadar gula yang tinggi, Durian juga memiliki kalori dan karbohidrat yang sangat tinggi dimana dalam satu butir daging durian saja sudah mengandung sekitar 54 hingga 60 kalori. Hal ini berarti dengan mengkonsumsi buah durian secara berlebihan, tentu seorang ibu hamil akan kelebihan kalori yang bisa memicu diabetes gestasional, bayi lahir prematur, infeksi saluran kemih, preeklamsia. Bahkan ada beberapa kasus dimana kelebihan berat badan dapat mengganggu kerja bius epidural saat persalinan.

Kadar Kolesterol Yang Tinggi

Banyak kabar yang menyebutkan jika buah durian memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi sehingga berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan terutama bagi ibu hamil. Faktanya durian tidaklah memiliki kolesterol sama sekali dimana didalam buah durian sebenarnya malah mengandung lemak tak jenuh yang mampu mengurangi kolesterol jahat didalam tubuh.

Baik Jika Dikonsumsi Secara Tepat

Bagi para ibu hamil, konsumsi buah durian bukan tidak diperbolehkan karena jika di konsumsi secara tepat dan tidak berlebihan, buah ini justru dapat memberikan segudang manfaat bagi ibu hamil. Kalium yang terkandung didalam buah durian tentu dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah dan kadar cairan didalam tubuh ibu hamil serta membantu mengurangi terjadinya pembengkakan yang biasa terjadi saat hamil. Selain itu, Kandungan organo-sulfur dan triptofan didalam buah durian juga mampu membantu melawan infeksi akibat bakteri dan jamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *